Langsung ke konten utama

Perbedaan antara RBG dan CMYK~

Semalem banget ceritanya disuruh sama kepala divisi Media Pencinta Tanaman, Ariana eka ayu pambudi, untuk membuat pamflet untuk acara Ngabuburit sersama PCT (Pecinta Tanaman) buat hari ini..

Dan jjaang! Aku lah yang di tunjuk, hmm okay aku coba~ dan akhirnya aku buka Correl Draw dan mulai deh berkreasi.. sampai udah selesai mau di save, pas mau di Exportnya terus kan disuruh milih gitu kan yaa 

Kolom sebelum di Export

Dan di situ ada "Color mode" dan disitulah kita bisa milih mau ukuran bit nya berapa, ada RGB (24 bit), CMYK (32 bit), dan lainnya. Dan disini kita bakalan bahas perbedaan dari RGB dan CMYK aja ya. 

Nah perbedaannya itu ialah terletak dari berapa bit nya. RGB mempunyai bit sebesar 24 bit, sedangkan CMYK mempunyai bit sebesar 32 bit. Dan hal ini mempengaruhi tampilan pamflet aku di layar Handphone... karna ternyata kalo kamu milih gambar yg color modenya CMYK maka tampilannya bakalan lebih tinggi kontras / warnanya menjadi lebih terang, ya jadinya aneh aja gitu.. jadi gini :

kalo di layar hape jadinya lebih terang yang menggunakan color mode CMYK 32 bit

Gambarnya itu yang udah aku secreeshoot dari layar Handphone. Nah jadi kan gini... aku ini bikin pamflet sebenernya kan buat dipost di ig PCT gitu... dan aku malah milih Color mode nya jadi CMYK bukan RGB, sedangkan kalo RGB hasilnya bakalan kayak gini :
Ini yang RGB 24 bit

Nah beda kan hasilnya... mungkin kalo kamu liatnya di monitor pc/ laptop/ notebook akan terlihat sama aja mau yang CMYK atau pun RGB, tapi kalo udah di layar hape bakalan keliatan bedanya... gitu.. 
 Eh iya dari tadi ngebicarain "bit", dan sebenernya apa sih "bit" itu? Nah penjelasan lebih lanjutnya bisa kamu lihat disini 
Ohiya ucapan terimakasih kepada teman (hidup) aku yang telah membantu ngasih saran dan ngajarin tentang RGB dan CMYK ini, matur nuwun.. :) <3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Note About kiddos

Ibu Profesional,  4 bawaan lahir anak : 1. Intellectual Curiosity 2. Creative Imagination 3. Art Of Discovery 4. Noble Attitude/Akhlak Mulia Fitrah Anak : 1. Anak itu homo ludens, makhluk yang senang dengan permainan dan bermain. 2. Rentang konsentrasi rata-rata anak adalah = 1 menit x umurnya. Jadi kalo dia usianya masih 5 tahun, hanya bisa bertahan 5 menit dalam berkonsentrasi.  Konsentrasi bisa lebih panjang jika ortu melakukan stimulus kepada anak. Caranya, ketikan bermain 30 menit, maka lakukanlah ice break setiap 5 menit, jadi ice breakingnya bisa 6 kali.  3. Secara natural, anak itu adalah seorang pembelajar. Maka kita perlu membuat anak suka belajar, bukan hanya sekedar bisa. Butuh menjasi seorang fasilitator handal. 4. 80% otak anak berkembang disaat anak usia 0-8 tahun. Masa emas anak di usia 0-3 tahun. Jadi harus punya prioritas waktu untuk anak dan untuk me time. Contoh, ketika anak usia 0-8 tahun maka full memberikan pendidikan, hati, dan waktu. Ga bisa seten...

Tentang Draft Skripsi 4 #BukuHariAna

Hai... udah lama ku ga ngabarin progress Draft Skripsi nih.. sebenernya niatan mah ada dari lama banget entah di revisian keberapa itu, tapi ya namanya manusia ada mager dan malesnya.. parah emang :( Eits tapi alhamdulillah guys, atas rahmat Allaat swt, ku sudah melewati yang namanya revisian draft skripsi sampe diangka ke-9 :') see?? Sangat perlu peejuangan untuk mendapatkan hasil yang terbaique, termantappu djiwa, terhiya hiya uhuy. Wkwk apaan seh. Oke, back to the topic, kali ini sesi curhatnya dikit aja ya, biar singkat padat dan jelas kek bakso. *Duh jadi laper wkwk* jadi tuh, tadi banget aku udah bikin ppt dan searching2 tentang "Bagaimana cara presentasi seminar proposal skripsi dengan baik". Seriusan... wkwkk soalnya besok tepatnya in syaa Allaah hari Kamis, tanggal 21 November 2019, pukul 11:00 s/d 12:00 di ruang seminar agribisnis gedung a lantai 2 ku seminar usulan penelitian guys... Alhamdulillah... setelah melewati bnayak ke galauan yang salah satunya nent...