Semalem banget ceritanya disuruh sama kepala divisi Media Pencinta Tanaman, Ariana eka ayu pambudi, untuk membuat pamflet untuk acara Ngabuburit sersama PCT (Pecinta Tanaman) buat hari ini..
Dan jjaang! Aku lah yang di tunjuk, hmm okay aku coba~ dan akhirnya aku buka Correl Draw dan mulai deh berkreasi.. sampai udah selesai mau di save, pas mau di Exportnya terus kan disuruh milih gitu kan yaa
![]() |
| Kolom sebelum di Export |
Dan di situ ada "Color mode" dan disitulah kita bisa milih mau ukuran bit nya berapa, ada RGB (24 bit), CMYK (32 bit), dan lainnya. Dan disini kita bakalan bahas perbedaan dari RGB dan CMYK aja ya.
Nah perbedaannya itu ialah terletak dari berapa bit nya. RGB mempunyai bit sebesar 24 bit, sedangkan CMYK mempunyai bit sebesar 32 bit. Dan hal ini mempengaruhi tampilan pamflet aku di layar Handphone... karna ternyata kalo kamu milih gambar yg color modenya CMYK maka tampilannya bakalan lebih tinggi kontras / warnanya menjadi lebih terang, ya jadinya aneh aja gitu.. jadi gini :
![]() |
| kalo di layar hape jadinya lebih terang yang menggunakan color mode CMYK 32 bit |
Gambarnya itu yang udah aku secreeshoot dari layar Handphone. Nah jadi kan gini... aku ini bikin pamflet sebenernya kan buat dipost di ig PCT gitu... dan aku malah milih Color mode nya jadi CMYK bukan RGB, sedangkan kalo RGB hasilnya bakalan kayak gini :
![]() |
| Ini yang RGB 24 bit |
Nah beda kan hasilnya... mungkin kalo kamu liatnya di monitor pc/ laptop/ notebook akan terlihat sama aja mau yang CMYK atau pun RGB, tapi kalo udah di layar hape bakalan keliatan bedanya... gitu..
Eh iya dari tadi ngebicarain "bit", dan sebenernya apa sih "bit" itu? Nah penjelasan lebih lanjutnya bisa kamu lihat disini
Ohiya ucapan terimakasih kepada teman (hidup) aku yang telah membantu ngasih saran dan ngajarin tentang RGB dan CMYK ini, matur nuwun.. :) <3



Komentar
Posting Komentar